Cara Ampuh untuk Meredakan Patah Hati

Halo, aku hadir di sini buat semua yang patah hati ditinggal oleh pasangannya (pacar/ gebetan, atau apapun itu). Aku memiliki sebuah cara untuk meredakan patah hati kalian.

Mengapa juga aku harus menulis ini? Karena saat ini, orang mudah baper (bawa perasaan), mudah sekali galau, dan susah sekali untuk move on. Aku bukan mahasiswa psikologi atau anaknya seorang ahli psikologi. Tapi yang jelas, aku bisa mengatakan bahwa rasa sakit yang kalian alami, itu karena kalian sering mengikuti arus orang-orang yang memang tidak bisa move on, kemudian membuat sebuah video/ gambar tentang patah hati.

Ini adalah langkah-langkah meredakan patah hati, yang menurutku oke:

  • Hentikan semua aktivitas dulu, merenunglah sejenak

Ketika pasangan kamu mengatakan “Kita Putus”. Badan kamu pasti merasakan lemas, jantung berdebar-debar (mungkin). Tapi itu adalah wajar. Karena, kamu sangat menyayangi dia, tetapi dia tidak pernah menghargai kamu (bahkan memutuskan kamu). Duduklah dahulu, kemudian renungkanlah apa kesalahanmu, itu yang membuatmu menjadi dewasa. Mengertilah apa keinginan pasangan, karena manusia itu memiliki keinginan yang beragam. Jangan terbawa emosi dulu. Karena ini juga menjadi pelajaran buat kamu untuk mengerti apa yang orang inginkan, kelak ketika kamu jatuh cinta lagi.

  • Buatlah rencana besar dalam hidupmu, jika kamu telah membuatnya, ingatlah kembali untuk menggapai rencana besarmu.

Hal ini, menurutku sangat mempengaruhi pikiranmu. Setelah kamu fokus hanya pada pasanganmu, dan semua berakhir dengan begitu saja, kamu mulai kembali untuk menyusun rencana besar/ mengingat rencana besarmu kembali. Buatlah rencana besarmu sedetail mungkin, jika perlu tambahkan gambar supaya ide kreatifmu tetap berjalan. Meskipun kamu masih merasakan patah hati.

  • Cari lagu yang bisa membuatmu kembali memiliki semangat buat hidup.

Memang, patah hati membuat orang ingin memutar lagu yang galau, baper, dan menyedihkan. Tapi, STOP untuk hal yang gak berguna itu. Carilah lagu-lagu yang membuat kamu menjadi semangat untuk menjalani hidup. Kalo aku suka sama genre EDM (Electronic and Dance Music). Dan aku rekomendasikan lagunya Swedish House Mafia “Don’t You Worry Child”. Selain komposisi musiknya yang enak, lagu ini juga memberikan arti “Surga memiliki rencana untukmu, jangan khawatir akan patah hati” (ini tafsiranku. Kalo kalian beda menafsirkan ya, gapapa).

Semua genre itu tidak masalah, hanya jangan mendengarkan lagu yang membuatmu kembali mengingat masa lalu. Ini juga hal penting! Jangan memutar kembali lagu-lagu ketika kamu masih bersamanya, dan lagu kesukaannya. Ini hanya menambah rasa galau yang berkepanjangan.

  • Putus cinta bukan berarti putus pertemanan

Jangan pernah memutus pertemanan dengan mantan. Ini hanya memperparah keadaan. Bisa menjadi benci berkepanjangan. Jangan pernah hapus kontaknya, unfollow semua media sosialnya. Cukup untuk menghapus chat historynya, personal messagenya. Dan ketika kamu melihat di akun media sosialnya bahwa dia sudah memiliki pasangan baru, jangan terburu-buru untuk melihat-lihat akunnya. Stalking bisa membuat kamu kembali baper dan galau. Alihkan perhatianmu pada akun lain, contoh akun koleksi foto cewe seksi, atau cowo macho atau cowo imut atau cowo berbadan besar. Kalo aku sendiri mengalihkan perhatianku dengan cara melihat akun truck spotter (yang suka foto-foto truck) atau akun kolektor mobil-mobil mewah.

  • Berdoalah agar semua makhluk berbahagia

Do’a merupakan bentuk yang sederhana untuk melepas patah hati. Memohon kepada Tuhan agar hidupmu tetap bahagia dan jangan lupa berdo’alah agar semua makhluk berbahagia. Karena mantan juga makhluk hidup, entah kamu bilang itu sejenis anjing, atau kecoa, atau jangkrik, atau sundel bolong (frontal banget). Tapi se-enggaknya kamu berdo’a juga buat mantan meskipun sekarang kamu tidak menyebutkan namanya lagi dalam do’amu. Yang penting adalah berdo’a untuk kebahagiaan orang tuamu, dan orang-orang yang tulus mencintai dan menyayangi kamu. Siapa tau kamu juga mendo’akan seseorang yang mencintaimu diam-diam dan bisa jadi dia adalah jodohmu.

  • Hidup cuma sebentar, tau-tau kamu udah gede, tau-tau mau nikah, tau-tau mau mati

Jadi, nikmatilah hidupmu. Ikuti passionmu. Travelling juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa sakit akibat patah hati. Karena kamu akan merasakan capek bepergian tetapi menyenangkan, daripada menyesali masa lalu, mengenang kisah cintamu di masa lalu. Menulis blog seperti ini juga membuat kamu memiliki kemampuan untuk self-healing, yaitu kemampuan untuk memperbaiki diri menjadi orang yang lebih baik, serta membuat dirimu menjadi kreatif. Bergaul dengan teman-teman yang membangun dirimu menjadi lebih baik juga merupakan alternatif penyembuhanmu dari patah hati. Menjalin pertemanan dengan tukang bakso, tukang copet, tukang sapu, tukang ojek, tukang bangunan, tukang ngajar (guru/ dosen), asisten tukang ngajar (asisten dosen), tukang birokrat, tukang ngomong, tukang tambal ban, tukang belulang (itu tulang belulang, boy  -_- ), yah pokoknya tukang apa aja deh bisa menambah pengetahuan kamu akan sesuatu hal yang bermanfaat. Mencoba sesuatu yang baru juga membuat dirimu cepat melupakan mantan.

Jadi, itu adalah cara untuk meredakan patah hati. Patah hati sebenarnya membutuhkan proses sembuh yang lama. Tetapi, kalo membiarkan patah hati itu terus ada tanpa ada proses penyembuhan, itu juga tidak baik buat masa depanmu. So, Stay Strong, Reach Your Dream, Love Your Ways, From NOW ! (maap kalo bahasa inggrisnya berantakan, itu motto hidupku). Thanks ! 🙂 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s